Apa Itu KPJ? 4 Hal, Setiap Peserta PBJS Wajib Tahu!

Posted on

Apa itu KPJ? Mungkin sebagian orang yang belum menjadi peserta PBJS atau baru mendafatar sebagai peserta PBJS, akan bertanya apa sih istilah KPJ itu? Perlu kamu ketahui, bahwa BPJS merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan bagi rakyat.apa itu KPJ

Ada dua jenis BPJS, yakni BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Sebelum menjadi BPJS Ketenagakerjaan, dahulu namanya Jamsostek. Sejak beberapa tahun lalu telah berganti menjadi BPJS ketenagakerjaan. Setiap perusahaan berkewajiban untuk memberikan perlindungan kepada setiap karyawannya. Salah satunya adalah berbentuk jaminan sosial yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan dan perlindungan bagi setiap karyawan.

Lantas, Apa Itu KPJ?

Setiap peserta BPJS ketenagakerjaan akan mendapatkan kartu peserta Jamsostek atau biasa disebut KPJ. Kartu peserta ini sebagai bukti kepesertaan yang nantinya digunakan untuk mengurus berbagai fasilitas yang tersedia di Jamsostek seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian, sesuai dengan jenis kepesertaan yang diikuti.

Jadi sudah jelas yah, apa itu KPJ? Nah, setelah berganti menjadi BPJS bukan lagi dikenal dengan istilah KPJ, tapi kartu kepesertaan BPJS yang juga dilengkapi dengan nomor seperti halnya kartu peserta jamsostek.

No kpj itu yang mana?

Seperti yang diuraikan di atas, bahwa setiap peserta BPJS atau Jamsostek akan mendapatkan kartu peserta sebagai bukti atau identitas kepesertaan. Setiap kartu yang dikeluarkan akan memiliki nomor identitas yang membedakan antara satu peserta dengan peserta yang lainnya.

Lalu, no KPJ itu yang mana? untuk mengetahaui nomor KPJ tidaklah sulit, sebab no kpj sudah dibubuhkan pada peserta Jaminan Pensiun yang terdiri dari 15 digit angka. Ada penambahan tiga angka atau tiga digit dari setiap nomor utama KPJ atau kartu BPJS. Jadi, jika nomor KPJ atau BPJS Ketenagakerjaan kamu adalah 12345678910, maka pada nomor BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Pensiun menjadi 12345678910000.

Apa itu kpj saat daftar BPJS?

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraph awal, bahwa KPJ adalah singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek, karena saat ini Jamsostek telah dihapus dan diganti dengan BPJS ketenagakerjaan maka istilah KPJ berganti menjadi KPJ BPJS Ketenagakerjaan. Jika kamu telah memiliki KPJ maka kamu berhak untuk mendapatkan jaminan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, atau jaminan hari tua setelah kamu tidak lagi menjadi pekerja di perusahaan manapun.

Mengapa nomor KPJ tidak ditemukan?

Nomor KPJ kamu tidak ditemukan? Mungkinkah? Mungkin saja nomor KPJ tidak ditemuakan atau nomor KPJ tidak terdaftar. Hal ini bisa disebabkan mungkin saja kamu memasukkan data yang tidak sesuai saat login atau ada kesalahan data, sehingga tidak terdeteksi data tersebut pernah didaftar dan nomor Anda tidak akan keluar.

Maka pastikan data yang kamu masukkan sesuai dengan data saat pertama kali mendaftar, agar data sesuai dan nomor KPJ kamu dapat ditemukan. Selain itu, nomor KPJ tidak ditemukan juga bisa karena sebab lain. Diantara sebab itu yakni :

1. Sistem Error

Jika memang kamu sudah yakin dengan data yang telah kamu masukkan, bisa jadi nomor KPJ tidak ditemukan karena ada kesalahan pada server web nya atau sistem error. Jika itu yang terjadi, tidak usah bingung atau panik karena kesalahan bukan dari kamu sendiri.

Nah, solusinya adalah coba kamu ulangi lagi beberapa beberapa waktu kemudian, karena bisa jadi error disebabkan adanya pengunjung website yang padat sehingga system tidak kuat menampung dan biasanya yang seperti ini sifatnya hanya sementara.

Apabila pengunjung web site sudah kembali normal, kamu bisa melakukan pengecekan ulang nomor KPJ BPJS ketenagakerjaan kamu.

2. Telat Bayar Iuran

Selain system error, salah satu penyebab tidak terdaftarnya nomor KPJ kamu bisa saja karena kemungkinan kamu belum atau telat membayar iurannya, jika benar demikian, sudah pasti solusinya adalah segera membayarnya.

Tapi, jika kamu sudah melalukan pembayaran iuran tapi telat ya sudah tidak usah kuatir, nomor KPJ kamu akan diperbaiki oleh BPJS beberapa waktu kedepan.

3. Pendaftaran Belum Sampai 14 Hari

Sebab selanjutnya, nomor KPJ tidak ditemukan bisa jadi karena pendaftaran KPJ BPJS ketenagakerjaan kamu belum sampai 14 hari. Alasan atau penyebab yang satu ini berlaku bagi yang baru mendaftar dan mendapatkan nomor virtual account, jika pendaftaran kamu belum lebih dari 14 hari atau 2 minggu maka nomor tersebut kemungkinan memang belum muncul.

Kamu bisa melakukan cek nomor KPJ online kamu , setelah akun aktif lebih dari waktu yang ditentukan, yaitu kurang lebih 2 minggu terhitung dari pertama mendaftar.

Jadi, jangan sampai kamu mengeceknya sebelum waktunya, karena kemungkinan nomornya tidak ditemukan.

4. Beralih Kepesertaan

Satu penyebab lagi yang bisa membuat nomor KPJ kamu tidak ditemukan yakni peralihan kepesertaan, yaitu beralihnya kepesertaan BPJS kamu karena kamu pindah perusahaan tempat kamu bekerja.

Sebab pastinya perusahaan sebelumnya akan menonaktifkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu, dan akan dilanjutkan oleh perusahaan baru. Atau bisa juga kamu telah berhenti bekerja dari perusahaan manapun dan sedang menunggu masa tenggang. Selama masa tenggang, maka secara otomatis BPJS kamu beralih pada BPJS ketenagakerjaan mandiri.

Itulah mengapa nomor KPJ kamu tidak terdaftar, tapi untuk memastikan lebih lanjut karena alasan peralihan status kerja ini sebaiknya kamu mendatangi kantor BPJSnya langsung. Atau menghubungi BPJS ketenagakerjaan melalui layanan call center.

Lupa No KPJ BPJS Bagaimana?

Saat diperlukan ternyata kamu lupa berapa no KPJ BPJS, lalu kamu harus bagaimana untuk mengetahui nomor KPJ BPJS? Tenang tetap ada jalan, apabila kamu lupa nomor KPJ BPJS dan ternyata kartu kamu juga terselip atau hilang entah kemana. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kembali nomor KPJ BPJS kamu.

1. Menghubungi HRD Perusahaan

Salah satu cara yang paling direkomendasikan, jika kamu lupa nomor KPJ BPJS adalah tanya ke pihak HRD perusahaan, karena sudah pasti bagian HRD menyimpan seluruh data kepesertaan BPJS setiap karyawan perusahaan.

2. Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat

Jika, ternyata kamu kesulitan tanya ke HRD perusahaan, mungkin karena kamu sudah keluar dari perusahaan itu, maka kamu bisa menempuh cara ke 2 yaitu dengan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Untuk cara ini bisa kamu coba untuk mendapatkan informasi nomor KJP BPJS TK anda dengan membawa persyaratan:

1. KTP elektronik
2. Kartu Keluarga (KK).
3. Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja).
4. Data nama gadis ibu kandung

Silahkan bawa persyaratan di atas ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, bilang saja, “ingin mengetahui nomor KPJ untuk membuat surat kehilangan dari kepolisian”, karena kartu hilang.

Jika beruntung dan petugas BPJSTKnya baik, maka anda akan mendapatkan informasi mengenai nomor KPJ anda, jika sudah diperoleh catat baik-baik dan jangan sampai hilang/lupa.

Jika kurang beruntung, maka pihak BPJS akan meminta Anda untuk menghubungi HRD perusahaan kembali.

3. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Apabila sebelumnya kamu sudah pernah membuat akun BPJSTKU di HP android kamu, maka untuk mengetahui no KPJ BPJS Ketenagakerjaan tidak usah bingung. Untuk mengetahui nomor KPJ kamu tinggal login ke aplikasi BPJSTKU menggunakan email dan PIN yang sudah kamu buat sebelumnya.

Selain dapat mengetahui nomor KPJ anda juga bisa mencetak e-ID BPJSTK untuk dicetak dan digunakan sebagaimana kartu BPJSTK yang asli.

Nah, sekarang sudah jelaskan apa itu KPJ? Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa tetap simak web ini untuk mendapatkan informasi terbaru sekitar BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *