2 Cara Menambah Anggota Keluarga Di Edabu BPJS Kesehatan

Posted on

Cara Menambah Anggota Keluarga Di Edabu BPJS Kesehatan—Saat seseorang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan atau JKN melalui jalur perusahaan, maka secara otomatis 4 anggota keluarga (satu suami/istri dan 3 anak) juga berhak mendapat tanggungan yang sama.Cara Menambah Anggota Keluarga Di Edabu BPJS Kesehatan

Dan jika diperlukan, juga bisa menambahkan orang lain seperti orang tua atau adik, kakak melalui BPJS Kesehatan perusahaan. Lalu, bagaimana cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan ini?

2 Cara Menambah Anggota Keluarga Di Edabu BPJS Kesehatan Perusahaan.

Seperti yang disampaikan diatas, bahwa yang menjadi tanggungan perusahaan untuk mengcover setiap peserta dari pekerja pada kepesertaan BPJS Kesehatan adalah, suami/istri beserta dengan 3 orang anaknya. Lalu bagaimana jika ternyata seseorang memiliki lebih dari tiga anak atau ada anggota keluarga lain yang menjadi tanggungannya, semisal orang tua.

Kamu tetap bisa menambahkan anak ke empat atau orang lain di dikepesertaan BPJS Kesehatan perusahaan. Seperti diketahui BPJS Kesehatan perusahaan merupakan program BPJS Kesehatan yang dikhususkan bagi pekerja pemerima upah (PPU) di sebuah perusahan atau badan usaha milik pemerintah maupun swasta. Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan ini lebih dikenal dengan PPU, yakni kategori bagi penerima gaji atau upah (yang selanjutnya disebut peserta) dari perusahaan (selanjutnya disebut pemberi kerja).

Sesuai dengan aturan BPJS Kesehatan, tidak saja PPU yang kesehatannya dicover oleh BPJS, melainkan juga suami/istri yang sah dan maksimal 3 orang anak dengan kriteria:

1. Tidak atau belum pernah menikah

2. Tidak atau belum memiliki penghasilan sendiri

3. Belum berusia 21 tahun atau belum berusia 25 tahun yang masih melanjutkan pendidikan formal

Apabila anak pertama sampai anak ketiga sudah di luar tanggungan karena tidak lagi memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, maka status kepesertaan dapat digantikan oleh anak berikutnya sesuai urutan kelahiran (keempat, kelima, dan seterusnya), asalkan tidak lebih dari 3 anak. Syarat lainnya adalah anak tersebut merupakan anak sah dari peserta BPJS Kesehatan.

Namun, begitu setiap pekerja dengan tanggungan lebih dari 4 orang masih bisa menambahkan atau mendaftar peserta lain melalui BPJS Kesehatan perusahaan. Ada 2 Cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan yang bisa dilakukan oleh PPU, dan hanya bisa dilakukan oleh PPU yang bersangkutan, apa saja caranya, simak penjelasannya berikut.

1. Menambah Anggota Keluarga Di Edabu BPJS Kesehatan perusahaan

Cara pertama adalah melalui jalur pendaftaran kolektif dari perusahaan. Biasanya HRD perusahaan akan melakukan update data kepesertaan dari karyawannya setiap bulan dan dilaporkan ke BPJS Kesehatan. Nah, jika memang anggota kepesertaan yang ada ditanggungan kamu berubah segera saja melapor ke bagian HRD agar bisa segera di lakukan update data. Untuk melakukan update data kepesertaan ini, HRD tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Tapi bisa dilakukan secara mandiri melalui akun eDabu perusahaan.

Adapun cara yang harus dilakukan PPU apabila ingin menambahkan anggota BPJS Kesehatan perusahaan sebagai berikut:

• PPU memberikan Surat Kuasa pemotongan gaji kepada perusahaan sebagai tambahan iuran BPJS Kesehatan bagi anggota keluarga tambahan.

• Menyerahkan data anggota keluarga tambahan yang ingin didaftarkan perusahaan kepada BPJS Kesehatan sesuai Surat Kuasa

• Selanjutnya, HRD perusahaan akan melakukan pendaftaran secara kolektif melalui layanan Edabu dan jika sudah disetujui oleh BPJS Kesehatan, maka perusahaan akan memotong gaji sebesar 1% per anggota keluarga tambahan.

Baca Juga : 6 Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP

2. Pendaftaran Anggota Tambahan Secara Perorangan Oleh Pekerja

Selain melalui HRD perusahaan, penambahan anggota peserta tambahan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan oleh perorangan. Dengan cara langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan perusahaan, secara perorangan. Selanjutnya, setiap anggota keluarga tambahan akan mendapatkan fasilitas pembayaran berupa nomor Virtual Account dan besaran iuran secara nominal yang harus dibayar melalui akun virtual tersebut sesuai kelas perawatan yang dipilih. Selama proses ini, penanggung jawab atau HRD perusahaan dapat membantu pendaftaran tahap awal.

Apabila ternyata anggota tambahan berdomisili di daerah yang berbeda, masing msaing peserta bisa memilih faskes atau fasilitas kesehatan tingkat I sesuai domisili masing-masing.

Setelah pendaftaran disetujui, maka setiap peserta tambahan akan mendapatkan kartu peserta BPJS Kesehatan yang berfungsi sebagai syarat untuk bisa menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai ketentuan.

Iuran Yang Harus Dibayar Peserta

Ketentuan iuran untuk setiap peserta BPJS Kesehatan perusahaan adalah 5% dari jumlah gaji atau upah yang diterimanya setiap bulan. Namun, hanya 1% yang diwajibkan atau di bebankan kepeserta dan 4% sisanya ditanggung oleh perusahaan. Dengan iuran tersebut, sudah mengcover lima peserta pertanggungan yakni, istri/suami, dan 3 anak yang sah.

Apabila perserta memiliki anak ke 4, ke 5, atau seterusnya, serta orangtua/mertua yang ingin didaftarkan sebagai tambahan, maka ada tambahan kewajiban yakni gaji Anda akan dipotong lagi 1% per orang yang masuk sebagai tambahan di BPJS Kesehatan perusahaan.

Besar Iuran Tambahan BPJS Untuk Kerabat Di Luar Keluarga Inti.

Selain keluarga inti, setiap peserta bisa menambahkan anggota atau peserta dengan ketentuan iuran yang berbeda dengan iuran untuk keluarga intiadapun besaran iuran untuk anggota selain keluarga inti adalah sebagai berikut.

1. Kelas III: Rp 42.000 per orang per bulan

2. Kelas II: Rp 100.000 per orang per bulan

3. Kelas I: Rp 150.000 per orang per bulan

Namun, untuk bulan juli-desember 2020 iuran yang harus dibayarkan buat penambahan kerabat dalam daftar BPJS Kesehatan perusahaan hanya dikenakan biaya Rp 25.500 per orang per bulan.

Dan dimulai tanggal 1 Januari 2021, besaran iuran setiap peserta berubah menjadi Rp 35.000 per orang tambahan setiap bulannya. Nah, apabila ada kendala atau kamu ada pertanyaan seputar cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan, kamu bisa menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota kamu, petugas BPJS Kesehatan akan senantiasa membantumu. Semoga bermanfaat.