2 Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang

Posted on

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang—Sesuai dengan undang-undang No.40 Tahun 2004 tantang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang –Undang No.24 Tahun 2011 tentang BPJS. Pemerintah mewajibkan setiap warga Negara menjadi peserta program JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan.2 Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang

Apabila sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka setiap peserta mendapatkan kartu peserta BPJS Kesehatan yang berfungsi untuk mengakses layanan kesehatan yang ada. Setiap ingin menggunakan layanan kesehatan, peserta wajib untuk menunjukkan kartu BPJS Kesehatan. Tanpa kartu tersebut, peserta tidak akan bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan yang ada, karena begitu pentingnya kartu BPJS Kesehatan, maka mesti dijaga dengan baik agar tidak hilang.

Tapi tidak bisa dipungkiri, kehilangan kartu BPJS Kesehatan bisa saja terjadi, entah terselip atau tercecer. Sehingga saat hendak menggunakan untuk periksa ke faskes tingkat 1, tidak akan dilayani.

Bagaimana Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang?

Lalu, bagaimana jika ternyata kartu BPJS Kesehatan hilang? Bisakah kita mengurusnya kembali? Bagimana cara mengurusnya? Tenang, mas gan. Kamu bisa mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang dengan 2 cara yang akan kami kupas berikut ini. Jadi, simak secara lengkap yah.

Berikut cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang:

1. Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang Secara Offline.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara offline. Apa maksudnya? Jadi untuk mengurus kartu KIS Yang hilang atau kartu BPJS kesehatan yang hilang, dengan cara datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Tapi sebelum kamu datang ke kantor BPJS Kesehatan, kamu mesti melengkapi beberapa persyaratan diantaranya dalah surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Jadi, setelah kamu mengetahui kalau kartu BPJS Kesehatan kamu hilang. Segera saja pergi ke kantor kepolisian untuk mengurus keterangan kehilangan. Selain itu, kamu juga harus membawa dokumen berupa KTP( Kartu Tanda Penduduk) dan KK( Kartu Keluarga).

Setelah dokumen sudah lengkap, selanjutnya silahkan datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang. Apabila kamu terlalu sibuk, mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang bisa diwakilkan oleh keluarga yang namanya tercantum di kartu keluarga.

Saat tiba dikantor cabang BPJS Kesehatan, silahkan ambil nomor antrian dan silahkan tunggu hingga giliran kamu. Setelah tiba gilaran kamu, silahkan datang ke petugas dan sampaikan bahwa kamu kehilangan kartu BPJS, dan hendak minta dibuatkan kembali kartu BPJS Kesehatan yang hilang tersebut. Biasanya petugas akan minta dokumen-dokumen persyaratan untuk melakukan pengecekan data identitas.

Setelah persyaratan dan dokumen dinyatakan lengkap, petugas akan melakukan proses pencetakan kartu BPJS Kesehatan, setelah selesai kartu tersebut akan diberikan kpada mu.

Baca Juga : 5 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Paling Mudah

2. Cara Mengurus Kartu BPPJS Kesehatan Yang Hilang Secara Online.

Cara kedua mengurus kartu BPJS yang hilang adalah dengan cara online. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri, dari mana dan kapan saja. Tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, tanpa antri dan bermacetan di jalan. Bagaimana caranya, baca selengkapnya berikut ini :

1. Silahkan download dan install aplikasi JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional) di play store jika kamu menggunakan HP Android dan App Store untuk pengguna iOS.

2. Jika belum pernah membuat akun, silahkan daftar untuk membuat akun terlebih dahulu.

3. Setelah berhasil memuat akun, silahkan login menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang telah didaftarkan.

4. Setelah masuk menu utama, selanjutnya silahkan pilih menu cetak kartu e-ID.

5. Silahkan klik pada ikon email dan ikuti proses yang diminta. Selanjutnya kartu BPJS Kesehatan kamu akan dikirim melalui email.

6. Silahkan buka email, dan bukan lampiran yang ada. Selanjutnya kamu tinggal cetak kartu BPJS Kesehatan kamu.

Bisakah berobat jika kartu BPJS hilang?

Sesuai keterangan diatsa bahwa untuk bisa menikmati layanan BPJS Kesehatan maka setiap peserta harus menunjukkan kartu BPJS Kesehatan kepada bagian pendaftaran saat berobat di rumah sakit maupun klinik. Namun, jika kartu BPJS Kesehatan hilang, peserta bisa mengurus kembali metode tersebut secara online maupun offline.

Kartu BPJS hilang lapor kemana?

Jika kartu BPJS Kesehatan kamu hilang, segera saja datang ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat keterangan kehilangan. Selanjutnya, dengan surat kehilangan itu kamu bisa mengurus kembali kartu BPJS Kesehatan kamu di kantor cabang terdekat.

Nah, cukup mudah kan cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang. Kalo pengen cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan cara kedua untuk cetak kartu BPJS Kesehatan kamu yang hilang. Semoga bermanfaat.