Cara Pindah BPJS PBI Ke BPJS PERUSAHAAN Terbaru 2020

Posted on

Cara Pindah BPJS PBI Ke BPJS PERUSAHAAN—BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah untuk jaminan kesehatan nasional yang wajib diikuti oleh semua rakyat Indonesia. BPJS Keseatan terbagi dalam tiga kategori, yakni BPJS PPU atau BPJS Kesehatan Pekerja penerima upah yang iurannya ditanggung oleh pemberi kerja atau perusahaan, kedua BPJS Mandiri dan ketiga BPJS PBI atau BPJS Penerima Bantuan Iuran yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.cara pindah bpjs pbi ke bpjs perusahaan

Pembagian tiga kategori tersebut untuk memberikan pilihan bagi masyarakat untuk tetap bisa terjamin kesehatannya sesuai dengan kondisi ekonomi masing –masing. Jika, memang masih berkerja di sebuah perusahaan berarti bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan Perusahaan, apabila tidak bekerja namun mampu membayar iuran secara mandiri setiap bulannya, bisa menjadi peserta BPJS Mandiri, dan apabila kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk membayar iuran setiap bulannya, mereka tetap bisa terjamin kesehatannya dengan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan PBI.

Cara Pindah BPJS PBI Ke BPJS PERUSAHAAN

Lalu, bagaimana jika seseorang sebelumnya terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI, apakah bisa pindah ke BPJS Perusahaan? Atau sebaliknya sebelumnya sebagai peserta BPJS PPU apakah bisa pindah sebagai peserta BPJS PBI? Atau lainnya. Nah, kali ini kami akan bahas satu persatu yah. Terutama terkait cara pindah BPJS PBI ke BPJS Perusahaan.

Karena telah mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan, dan perusahaan tersebut bekerja sama dengan BPJS, maka peserta BPJS PBI bisa mengajukan pindah menjadi BPJS Perusahaan. Tapi ada proses yang harus dilakukan oleh peserta. Terutama harus menonaktifkan BPJS PBI, bagaimana cara menonaktifkan BPJS PBI? Akan kami ulas pada kesempatan lain yah.

Simak uraian lengkap Cara Pindah BPJS PBI ke BPJS Perusahaan ( PPU) berikut, yang kami kutip dari website lapor.go.id yang langsung mendapatkan tanggapan dari BPJS Kesehatan.

1. Apabila kamu terdaftar sebagai peserta BPJS PBI APBD, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melapor ke Jamkesda/ Dinas Sosial setempat untuk dikeluarkan dari kepesertaan PBI APBD. Dinas Sosial/Jamkesda setempat akan membuatkan surat pernyataan bahwa kamu telah dikeluarkan dari kepesertaan BPJS PBI. Selanjutnya silahkan bawa surat pernyataan tersebut ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk dilakukan penonaktifan kepesertaan BPJS PBI kamu. Setalah dinonaktifkan, selannjutnya kamu bisa melapor ke HRD Perusahaan untuk kembali di daftarkan sebagai peserta BPJS Perusahaan ( PPU ).

2. Jika kamu terdaftar sebagai peserta BPJS PBI APBN (JAMKESMAS), maka peralihan kepesertaan dapat dilakukan dengan cara melapor ke Dinas Sosial setempat untuk dikeluarkan dari kepesertaan PBI APBN. Selanjutnya, Kementrian Sosial akan melakukan rekonsiliasi, setelah rekonsiliasi dan data peserta telah dikeluarkan, maka selanjutnya silahkan melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk dinonaktifkan. Setalah kepesertaan BPJS PBI SPBN telah dinonaktifkan maka peserta dapat melapor ke HRD perusahaan untuk dialihkan menjadi peserta PPU.

Jadi untuk peserta BPJS PBI APBN perlu waktu untuk penonaktifannya. Diperlukan waktu lebih kurang 6 bulan untuk menunggu rekonsiliasi yang di lakukan oleh Kementrian Sosial. Tapi tidak usah galau, kamu masih tetap bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan menggunakan kartu BPJS PBI selama masa tunggu sampai peserta resmi di nonaktifkan.

Baca Juga : 2 Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang

Setelah status kepesertaan BPJS PBI nonaktif , selanjutnya kamu bisa pindah kepesertaan ke BPJS PPU atau juga bisa menjadi peserta BPJS Mandiri apabila dirasa memang sudah berkemampuan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan secara mandiri. Adapun cara pindah BPJS PBI ke Mandiri bisa kamu lakukan secara online maupun juga offline dengan cara datang langsung ke kantor bpjs dengan syarat:

1. Mengisi formulir perubahan data kepesertaan

2. Membawa Kartu Keluarga

3. Identitas diri bisa berupa KTP atau SIM

4. Kartu BPJS PBI sebelumnya

5. Foto 3×4 berwarna 1

6. Kepemilikan rekening bank untuk peserta yang ingin mengambil bpjs kelas 1 atau 2

Cara Merubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Online.

Lalu, apakah bisa pindah peserta dari BPJS Perusahaan ke Mandiri? Jawabannya adalah bisa, adapun cara merubah BPJS Perusahaan ke mandiri juga bisa dilakukan secara offline maupun online. Dengan syarat pindah BPJS perusahaan ke Mandiri 2020 harus terlebih dahulu dilengkapi. Secara umum cara dan syarat tidak jauh berbeda dengan cara dan syarat pindah peserta dari PBI ke Perusahaan.

Demikian informasi yang bisa kami bagi tentang cara pindah dari bpjs pbi ke bpjs perusahaan (PPU) semoga bermanfaat.