Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online 2020

Posted on

Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri—Setiap warga Negara Indonesia wajib hukumnya mengikuti program BPJS Kesehatan. Apabila kamu bekerja disebuah perusahaan, maka kamu masuk pada kategori peserta BPJS Perusahaan, jika kamu pengusaha maka kamu masuk dalam kategori peserta BPJS Mandiri, dan apabila kamu termasuk dalam golongan masyarakat tidak mampu, kamu masuk dalam kategori peserta BPJS PBI.cara pindah bpjs perusahaan ke mandiri secara online

Nah, apabila kamu sebelumnya terdaftar dalam kategori peserta BPJS Perusahaan (PPU) dan mungkin saat ini kamu sudah resign dari tempat kerja. Kamu tetap wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dan segera rubah data BPJS Kesehatan kamu dari BPJS Perusahaan ke BPJS Mandiri.

Bagaimana Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri?

Lalu, bagaimana cara pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri? Sudah otomatis, apabila seseorang yang sebelumnya terdaftar sebagai peserta BPJS Perusahaan dan dia telah resign dari tempat kerjanya. Maka, iruan BPJS Kesehatannya tidak lagi dibayarkan oleh perusahaan. Apabila iuran tidak tunaikan, sudah dapat dipastikan kamu tidak akan bisa menggunakan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Nah, agar kepesertaan BPJS Kesehatan tetap aktif maka kamu harus merubah status kepesertaan BPJS dari BPJS Perusahaan ke BPJS kesehatan “Pekerja Bukan Penerima Upah” (PBPU) atau yang biasa di sebut BPJS Mandiri.

Setelah status kepesertaan dari PPU ke mandiri maka selanjutnya kamu berkewajiban untuk membayar iuran BPJS sendiri, sesuai hak kelas rawat yang di pilih untuk seluruh anggota keluarga yang ada dalam satu Kartu Keluarga, dan untuk besaran iuran BPJS Kesehatan mandiri adalah sebagai berikut :

1. Kelas rawat 1 = Rp 160.000
2. Kelas rawat 2 = Rp 110.000
3. Kelas rawat 3 = Rp 42.000

Syarat Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri 2020

Sebelum, kamu mengurus proses perubahan data atau kepesertaan BPJS Perusahaan ke Mandiri, sebaiknya kamu siapkan terlebih dahulu persyaratan pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri. Beirkut syarat yang harus kamu persiapkan :

1. Foto Copy KTP Peserta BPJS Kesehatan, serta foto copy KTP anggota keluarga ( Bagi yang sudah memiliki KTP)
2. KTP asli peserta
3. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
4. Foto Copy Surat keterangan Berhenti bekerja / Paklaring
5. Kartu Bpjs Kesehatan semua anggota keluarga (Asli)
6. Foto copy Buku Rekening Bank

Nah, setelah semua persyaratan telah kamu penuhi. Selanjutnya kamu bisa segera melakukan pengurusan perubahan status kepesertaan BPJS Kesehatan kamu. Cara dan langkahnya sebagai berikut:

1. Silahkan kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat
2. Jangan lupa bawa syarat seperti yang disebutkan diatas
3. Silahkan ambil dan isi formulir perubahan data
4. Silahkan tunggu antrian kamu dibagian perubahan data atau mutasi
5. Setelah tiba giliran kamu, silahkan datang ke petugas dan sampaikan bahwa kamu ingin mengurus perubahan data BPJS dari BPJS perusahaan ke BPJS Mandiri.
6. Silahkan tunggu, proses perubahan akan dibantu sepenuhnya oleh petugas.

Baca Juga : Cara Pindah BPJS PBI Ke BPJS PERUSAHAAN Terbaru 2020

Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Sementara sampai saat ini, untuk pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri tidak tersedia secara online. Semua masih dilakukan dengan cara offline dengan langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Apabila kamu, mengalami kesulitan saat pengurusan atau sedang mencari informasi cara pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online, kamu bisa menghubungi call center bpjs kesehatan untuk mendapatkan bantuan dari customer service BPJS Kesehatan. Berapa nomor call center BPJS Kesehatan, bisa kamu baca artikel Layanan Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam 2020.

Bagaimana BPJS Kesehatan setelah resign?

Sebiknya, apabila kamu sudah resign dari tempat kerja segera untuk melakukan perubahan status kepesertaan BPJS Kesehatan kamu. Hal ini untuk menghindari denda akibat terlambat atau iuran BPJS Kesehatan yang tidak terbayarkan. Karena setelah kamu resign, perusahaan tidak lagi membayarkan iuran BPJS. Segera saja, lakukan perudahan status kepesertaan dari BPJS Perusahaan ke Mandiri. Dan silahkan tunaikan kewajiban kamu untuk membayar iuran BPJS sendiri, sehingga kamu tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan saat diperlukan.

Nah, ternyata tidak sulitkan Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri. Semoga bermanfaat.