Gak Ribet, Begini 3 Cara Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak.

Posted on

Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak—Sudah resign dari tempat kerja, atau terkena PHK dari tempat kerja karena dampak pandemic, dan sudah waktunya klaim dana JHT dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Jangan gegabah, cek dulu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak

Seperti yang diketahui, bahwa untuk bisa mencairkan dana JHT BPJS ketenagakerjaan status keanggotaan harus sudah non aktif baru bisa dilakukan proses pencairan dana. Apabila status kenggotaan masih aktif proses klaim dana BPJS Ketenagakerjaan tidak akan dapat diproses.

Bagaimana Cara Cek BPJS Kenegakerjaan Aktif Atau Tidak?

Lalu, bagaimana cara cek BPJS ketengakerjaan aktif atau tidak? Semestinya, saat kita berhenti bekerja atau keluar dari tempat kerja, baik karena PHK ataupun habis kontrak kerja, atau karena resign (mengundurkan diri), pihak perwakilan perusahaan atau HRD akan melapor atau melakukan update kepesertaan dari keseluruhan karyawan ke BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk yang sudah tidak lagi bekerja, sehingga perusahaan tidak berkewajiban lagi untuk membayarkan iuran bulanan bagi yang sudah tidak bekerja ke BPJSTK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan). Dengan begitu, BPJS Ketenagakerjaan akan menonaktifkan kepesertaan bagi yang sudah tidak bekerja.

Tapi terkadang, mungkin karena kesibukan pihak HRD yang cukup padat , sehingga belum melapor ke pihak BPJS atau antrian di BPJS Ketenagakerjaan yang cukup banyak, menyebabkan proses penon aktifan kepesertaan BPJS sedikit terlambat. Sehingga, saat seseorang hendak melakukan klaim dana BPJS ketenagakerjaan tidak bisa dilakukan karena ternyata status kepesertaannya masih terdeteksi aktif

Sebab itu, bagi kamu yang hendak melakukan pencairan saldo JH. Sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah KPJ atau kartu kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak sangat mudah kok, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Bahkan bisa kamu lakukan tanpa ikut antrian panjang di kantor BPJS Ketenagakerjaan, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau tidak Dengan menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak adalah dengan menghubungi layanan call center BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa menghubungi nomor 1500910 untuk mengetahui status kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu. Biasanya, untuk mengetahui kartu BPJS masih aktif atau tidak. Pihak customer service BPJS Ketenagakerjaan akan menanyakan beberapa hal untuk penyesuaian data diantaranya Nama lengkap sesuai dengan KTP, No KPJ, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama perusahaan tempat kamu bekerja, serta nama Ibu kandung.

Kekurangan cara ini adalah, kamu perlu pulsa untuk menghubungi call center BPJS ketenagakerjaan yang mungkin sedikit lebih mahal jika kamu menghubunginya menggunakan kartu GSM dibanding dengan menggunakan telepon rumah atau kantor.

2. Cara Cek Nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan Online Melalui Aplikasi BPJSTKU.

Cara kedua untuk cek kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan cara cek online menggunakan aplikasi BPJSTKU. Cara inilah yang menurut kami paling simpel, tidak perlu antri dan tidak juga memerlukan pulsa telepon. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. silahkan terlebih dahulu kamu download dan install aplikasi BPJSTK Mobile di Android, iOS.
b. Setelah terinstall, jika kamu belum pernah menggunakan atau melakukan pendaftaran sebelumnya. Silahkan kamu registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.
c. Untuk melakukan pendaftaran di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nama lengkap, Tanggal Lahir, Nomor KPJ (tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP.
d. Setelah terdaftar, selanjutnya silahkan login menggunakan email dan password yang sudah dibuat.
e. Setelah bisa masuk ke dashboard akun kamu, selanjutnya silahkan pilih “Kartu Digital”.
f. Setelah itu, akan muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, silahkan klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif).

Baca Juga : Apa Itu KPJ? 4 Hal, Setiap Peserta PBJS Wajib Tahu!

3. Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau tidak Dengan Datang Langsung Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat.

Cara selanjutnya untuk cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota kamu. Ada beberapa persyaratan yang perlu kamu lengkapi untuk melakukan hal tersebut, diantara dengan membawa e-KTP, kartu BPJS TK dan paklaring ( surat keterangan sudah tidak bekerja, dari perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya).

Setelah sampai di kantor BPJS Ketenagakerjaan, silahkan ambil nomor antrian dan silahkan tunggu sampai giliran nomor kamu. Setelah giliran kamu, silahkan datang ke petugas customer service yang ditunjuk dan sampaikan perihal kedatangan kamu untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu. Dengan berbekal e-KTP, Kartu BPJS Ketengakerjaan atau KPJ, serta paklarin, selanjutnya petugas akan dengan mudah melacak status kepesertaan kita apakah masih aktif atau tidak.

Nah, cukup mudah buka cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak. Tinggal kamu sesuaikan dengan kondisi waktumu, jika berkeluangan kamu bisa datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Atau jika memang sedang sibuk, kamu bisa menggunakan cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU.

Kenapa kartu BPJS Ketenagakerjaan tidak aktif?

Ada dua kemungkinan, kartu BPJS Ketenagkerjaan tidak aktif. Sebab, kamu sudah keluar dari tempat kerja atau resign, dan pihak HRD sudah melakukan update data kepesertaan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan atau bisa jadi karena keterlambatan pembayaran iuran bulanan yang tertunggak sehingga menyebabkan kartu BPJS Ketenagakerjaan tidak aktif.

Jadi, jika kamu masih berstatus sebagai karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan, ada baiknya kamu lakukan pengecekan secara berkala status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Baca Juga : 6 Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP

Setelah resign apakah BPJS Ketenagakerjaan masih aktif?

Seperti yang sudah disampaikan diatas, biasanya setelah resign dan telah dilaporkan oleh HRD ke BPJS Ketenagankerjaan, maka status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sesorang akan di nonaktifkan. Namun, bisa jadi kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif disebabkan belum terupdatenya data terbaru dari HRD ke BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian, informasi kami saat ini terkait dengan cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak. Semoga bermanfaat.