5 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Paling Mudah

Posted on

Cek Tagihan BPJS Kesehatan–Setelah kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka setiap bulan kamu berkewajiban untuk membayar iuran atau tagihan BPJS Kesehatan. Besar biaya tagihan BPJS Kesehatan yang harus kamu bayarkan disesuaikan dengan jenis pelayanan yang kamu pilih saat melakukan pendaftaran.cek tagihan BPJS

Nah, agar kamu tidak terlambat untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan. Maka perlu di cek rutin setiap bulannya, terlebih jika kamu terdaftar di BPJS Kesehatan secara mandiri bukan peserta BPJS Kesehatan penerima upah atau perusahaan.

Sebab keterlambatan pembayaran iuran, apalagi jika sampai nunggak, maka kartu BPJS Kesehatan kamu bakal tidak bisa digunakan.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara cek iuran BPJS Kesehatan apakah sudah terbayarkan atau belum yang bisa kamu lakukan. Namun, untuk bisa cek iuran BPJS Kesehatan kamu perlu tahu nomor kartu BPJS Kesehatan. Apabila kamu lupa nomor BPJS Kesehatan, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu nomor BPJS Kesehatan kamu. Jika belum tahu cara cek nomor BPJS silahkan baca artikel kami sebelumnya dengan judul cara 6 Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP.

Dengan kamu melakukan penyecekan rutin setiap bulan, maka diharapkan tidak terjadi pembayaran BPJS terlambat. Nah, berikut 5 cara cek tagihan BPJS Kesehatan kamu:

1. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Cara pertama untuk cek tagihan BPJS Kesehatan adalah melalui web site resmi BPJS Kesehatan di alamat https://bpjs-kesehatan.go.id. Cara ini bisa digunakan oleh peserta mandiri maupun peserta PPU atau peserta penerima upah JKN BPJS. Adapun, langkah cara cek tagihan BPJS melalui web site resmi BPJS Kesehatan sebagai berikut:

1. Silahkan kunjungi web site BPJS Kesehatan

2. Selanjutnya silahkan klik menu “ Cek Iuran BPJS Kesehatan”.

3. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi 2 kolom, yaitu kolom nomor kartu BPJS dan tanggal lahir pemilik kartu BPJS yang bersangkutan.

4. Kemudian lakukan validasi dengan cara klik tombol “Cek”.

5. Informasi pembayaran kamu akan muncul di layar, rincian itu meliputi tagihan yang sudah dibayar dan tagihan yang belum di lunasi.

2. Cek Iuran BPJS Melalui ATM

Jika kamu biasanya melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM, maka sebenarnya kamu bisa juga melakukan cek tagihan BPJS melalui ATM. Tentu saja ATM bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Nah, berikut cara gecek tagihan BPJS Kesehatan kamu melalui ATM:

1. Silahkan datang ke counter ATM sesuai dengan bnak yang kamu gunakan

2. Selanjutnya, silahkan masukan kartu ATM Anda dan PIN ATM Anda.

3. Lalu silahkan pilih menu “Transaksi Lain”.

4. Lanjut dengan pilih menu “Pembayaran”.

5. Kemudian pilih menu “Lainnya”.

6. Setelah itu silahkan pilih “BPJS” dan pilih “BPJS Kesehatan”.

7. Silahkan, masukan nomor virtual account atau nomor peserta BPJS Kesehatan kamu.

8. Jika sudah benar silahkan klik menu “Benar”.

9. Silahkan konfirmasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan di layar ATM.

10. Apabila kamu rasa tagihan yang muncul layar ATM sudah benar, silahkan klik menu “Ya”.

Meski cara ini dianggap mudah juga, namun beberapa orang menganggap metode ini cukup merepotkan karena harus mencari atau datang ke ATM rekanan BPJS Kesehatan terdekat.

3. Cek Tagihan BPJS Melalui Aplikasi JKN Mobile

BPJS Kesehatan telah memiliki aplikasi resmi yang bisa kamu download melalui Google Play Store jika kamu pengguna Android. Dengan aplikasi tersebut kamu bisa menikmati beberapa fitur yang akan memudahkan kamu untuk senantiasa memantau status, cek tagihan, dan kebutuhan lainnya terkait BPJS Kesehatan.

Nah, berikut ini cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi resmi BPJS:

1. Silahkan download dan Install aplikasi “Mobile JKN” di Google Play Store handphone kamu.

2. Jika sudah, silahakan akses aplikasi Mobile JKN dan lakukan login.

3. Setelah bisa masuk di akun kamu, silahkan pilih menu “ Tagihan “

4. Untuk melihat rincian tagihan, silahkan pilih menu “Premi”

5. Selanjutnya akan muncul tampilan rincian tagihan BPJS Kesehatan kamu.

4. Cek Iuran BPJS Via SMS

Selain melalui tiga cara diatas, kamu juga bisa melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan kamu dengan cara mengirimkan SMS ke nomor layanan BPJS Kesehatan. Tentu dengan format yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur oleh BPJS Kesehatan.

Untuk cek tagihan BPJS Kesehatan, kamu bisa menggunakan NIK atau nomor kartu BPJS Kesehatan kamu. Format SMS dan nomor pengiriman untuk cek tagihan BPJS Kesehatan sebagai berikut :

Contoh: Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan (Tagihan 0000129834756) kirim ke 087775500400.

5. Cek Tagihan BPJS Melalui Layanan Call Center BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan call center yang tidak saja bisa digunakan sebagai media pengaduan, namun juga sebagai media informasi. Termasuk apabila kamu ingin cek tagihan BPJS Kesehatan kamu. Silahkan hubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400 atau Layanan Mobile Customer Service (MCS).

Setelah terhubung dengan petugas, silahkan sampaikan maksud kamu untuk cek tagihan BPJS Kesehatan kamu.

Baca Juga : Layanan Call Center BPJS Kesehatan 24 Jam 2020

Bagaimana Cara Cek Tunggakan BPJS?

Lalu, bagaimana jika ternyata kamu sebelumnya mengalami kesulitan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dan menyebabkan tunggakan BPJS. Dan, karena ingin menggunakan kartu BPJS kesehatan untuk berobat, kamu berniat untuk melunaskan tunggakan itu. Bagaimana cara cek tunggakan BPJS?

Cara cek tunggakan BPJS Kesehatan, bisa kamu lakukan dengan cara yang telah kami sebutkan di atas. Ada 5 cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa kamu lakukan. Silahkan pilih, mana cara yang paling mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan.

Berapa tagihan BPJS?

Sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur oleh Negara, bahwa iuran BPJS Kesehatan Iuran BPJS Kesehatan kelas I mengalami kenaikan dari Rp.80.000 menjadi Rp150.000 .Sedangkan untuk kelas II mengalami kenaikan menjadi Rp100.000 dari sebelumnya Rp51.000. Dan untuk untuk iuran BPJS Kesehatan Kelas III Iuran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP) Rp 42.000/bulan

Bayar Tunggakan BPJS dimana?

Kamu bisa melakukan pembayaran tunggakan atau iuran BPJS Kesehatan melalui ATM bak yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Hampir semua bank Himbara telah bekerjasama, misal BRI, BNI, Mandiri, BTN serta BCA.

Bolehkah tunggakan BPJS di cicil?

Jawabannya adalah bisa, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 64/2020 tentang Jaminan Kesehatan. Bahwa, setiap peserta bisa melakukan pelunasan tunggakan selama 6 bulan saja.

Telat Bayar BPJS kena denda berapa?

Jika telat bayar iuran BPJS apakah akan kena denda, jika ya berapa besaran denda yang harus dibayarkan? Setiap peserta yang telat melakukan pembayaran iuran BPJS akan dikenakan denda sebesar 2,5% dari total biaya rawat inap dikali jumlah bulan tunggakan. Misalnya, jika kamu menunggak selama 3 bulan dan dalam waktu 45 hari setelah mengaktifkan kembali kepesertaan menjalani rawat inap.

Nah, demikian sedikit informasi yang bisa kamu tuliskan untuk kamu. Semoga artikel cara cek tagihan BPJS Kesehatan bermanfaat dan jangan sampai telat bayar iuran, supaya kartu kamu tetap bisa digunakan.