Catat!! Berikut 20 Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Posted on

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan—Banyak fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa dinikmati oleh peserta BPJS Kesehatan. Termasuk biaya dari pengobatan berbagai macam penyakit yang diderita oleh peserta juga ditanggung. Namun, demikian bukan berarti tidak ada penyakit atau pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.penyakit yang tidak ditanggung bpjs

Penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan, wajib dicatat!

Informasi terkait penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan begitu penting kita ketahui, agar kita bisa menutupinya atau melengkapinya dengan asuransi swasta jika memang diperlukan. Tidak terbayangkan, saat periksa ke klinik karena satu penyakit, ternyata biaya perawatannya tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Jika kita sudah mengetahu, tentu kita bisa mempersiapkan langkah lain.

Dalam Pasal 52 Peraturan Presiden (Perpres) 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, pemerintah telah menyatakan manfaat pelayanan kesehatan yang tidak dijamin Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Peraturan tersebut secara jelas belum merinci penyakit yang tidak ditanggung BPJS. Namun,Tetapi, ada beberapa informasi penting tentang kategori kondisi yang tidak ditanggung BPJS. Dengan demikian, tidak hanya penyakit umum dan penyakit kritis saja, melainkan meliputi segala jenis pelayanan kesehatan.

Nah, Berikut ini daftar layanan kesehatan serta kondisi penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

1. Pengobatan atau layanan kesehatan yang dilakukan diluar Fasilitas Kesehatan atau faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kecuali dalam keadaan darurat.
2. Pengobatan Penyakit dan Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri.
3. Pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/ wabah.
4. Pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik.
5. Pelayanan kesehatan untuk mengatasi infertilitas.
6. Pelayanan meratakan gigi atau ortodonti.
7. Mengalami cedera akibat Kecelakaan Kerja atau hubungan kerja yang telah dijamin oleh program jaminan Kecelakaan Kerja atau menjadi tanggungan Pemberi Kerja.
8. Penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan ketergantungan obat dan/ atau alkohol.
9. Gangguan kesehatan atau sakit yang akibatkan karena kesengajaan diri untuk menyakiti diri sendiri atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri.
10. Pengobatan komplementer, alternatif, dan tradisional, yang belum dinyatakan efektif berdasarkan penilaian teknologi kesehatan.
11. Tindakan medis dan atau pengobatan yang dikategorikan sebagai percobaan atau eksperimen.
12. Penyakit atau Pelayanan kesehatan dari alat dan obat kontrasepsi atau kosmetik.
13. Pelayanan kesehatan pada kejadian tak diharapkan yang dapat dicegah.
14. Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka bakti sosial.
15. Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas yang bersifat wajib sampai nilai yang ditanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu litas sesuai hak kelas rawat Peserta. (misalnya program jaminan kecelakaan lalu lintas dari PT Jasa Raharja.
16. Pelayanan kesehatan atau kondisi kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, korbab terorisme, kekerasan seksual, dan tindak pidana perdagangan orang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
17. Pelayanan kesehatan tertentu yang berkaitan dengan Kementerian Pertahanan, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.
18. Layanan kesehatan lainnya yang tidak ada hubungan dengan Manfaat Jaminan Kesehatan yang diberikan.
19. Pelayanan yang sudah ditanggung dalam program lain.
20. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga : 2 Cara Menambah Anggota Keluarga Di Edabu BPJS Kesehatan

Sakit apa saja yg tidak ditanggung BPJS?

Sesuai dengan informasi diatas, berarti ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Diantaranya, karena disebabkan oleh kelalaian atau kesengajaan diri sendiri yang mengakibatkan terjadinya kondisi sakit pada seseorang. Berikut beberapa penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehata.

1. Hepatitis Akibat Narkoba
2. Gangguan Ginjal Akibat Minuman Keras
3. Tetanus Akibat Percobaan Bunuh Diri
4. Operasi Akibat Kecelakaan Kerja
5. Pengobatan Infertilitas
6. Pengobatan Alternatif

Penyakit Jantung Apakah ditanggung BPJS?

Jawabannya adala Yah, penyakit jantung serta eberapa penyakit jantung yang didasari dengan gangguan jantung seperti Aritmia yang terjadi akibat adanya gangguan pada irama jantung atau Jantung Koroner yang terjadi akibat penyempitan pada pembuluh darah ditanggung oleh BPJS, bahkan sampai proses operasi yang diperlukan juga ditanggung.

BPJS Kesehatan bisa dipakai dimana saja?

Layanan kesehatan dari manfaat kepesertaan BPJS Kesehatan bisa digunakan dimana saja. Apabila kamu berada diluar kota, kamu tetap bisa menggunakannya dengan syarat menunjukkan surat keterangan domisili dan sabar mengurusi surat keterangan dari kantor BPJS luar kota.

Apakah ruangan ICU ditanggung BPJS?

Ya, BPJS Kesehatan akan menanggung semua pelayanan kesehatan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Selama peserta tidak menunggak iuran bulanan alias rutin melakukan pembayaran iuran bulanan. Termasuk pelayanan kesehatan rujukan lanjutan, di antaranya seperti pemeriksaan, pengobatan, konsultasi spesialis, tindakan medis spesialis, diagnosis lanjutan, rehabilitasi medis. Di rumah sakit rujukan juga menyediakan pelayanan cuci darah, forensik, pengurusan jenazah, perawatan inap, serta perawatan inap di ICU.

Nah, demikian informasi tentang 20 Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan beserta kondisi kesehatan, atau layanan kesehatan tertentu bagi peserta BPJS Kesehatan tahun 2020. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Kamu.